MAKALAH ANALISIS MASALAH PERUSAHAAN PENGEMBANG GAME “ROVIO ENTERTAINMENT” LENGKAP TERBAIK


 

ANALISIS MENGENAI MASALAH PERUSAHAAN PENGEMBANG GAME

“ROVIO ENTERTAINMENT”


1.       Pada tahun 2003 perusahaan Butuh dana untuk pengembangan game

 

 

 

 

 

2.       Perusahaan harus meningkatkan laba dengan bagaimana caranya agar keluar dari persaingan sempurna pasar game.(Red Ocean)

 

 

 

 

 

3.       Para pelanggan mulai bosan dengan konsep game butuh sesuatu yang baru

 

 

4.       Perusahaan butuh pengambangan (ekspansi) kenegara potensial

Dengan tambahan dana maka dimungkinkan proses pengembangan game akan berjalan lancar dan dana yang paling mungkin didapatkan ialah dari investor dan penjualan  hak cipta game.

 

Perusahaan mampu menciptakan produk game inovatif yang sekiranya  tidak membosankan untuk dimainkan agar pelanggan enggan untuk pindah ke lain produk dan otomatis laba perusahaan dapat di dongkrak.

 

Para pelanggan game diharapkan dapat dijaga konsistensi pembelian gamenya

 

 

Dengan memasarkan game di pasar potensial game. Maka diharapkan   game mampu di kenal oleh dunia.

Menjalin kerjasama dengan angel investor untuk memperoleh dana.Serta menjual hak cipta game “King of the cabbage world” kepada Digital Chocolate.

 

 

 

Tahun 2009 Game “angry birds” yang merupakan produk Blue ocean strategy tidak langsung rovio resmi dirilis.

 

 

 

 

 

 

Perilisan game game baru “Pemutakhiran konsep game dan level baru

 

 

Ekspansi pasar ke AMERIKA dan INGGRIS melalui proyek kerjasama dengan Iphone.

 

Pada tahun 2005 Perusahaan berhasil mendapatkan pinjaman dana dari angel investor dan mengubah nama perusahaan (Startup)ini dari”RELUDE” menjadi “ROVIO Mobile”

 

 

Game yang bukan merupakan produk unggulan ini mampu melampaui ekspektasi dan menjadi game mobile nomor satu Finlandia.

 

 

 

 

 

Pelanggan tetap konsisten membeli dan memainkan game bahkan pengguna game

semakin meningkat.

 

Game ini menjadi  game paling populer di dunia dengan 1 Milliar unduhan sampai bulan Mei.dan berhasil meraup laba $60 Juta dollar per Desember 2011.

 





























PEMBAHASAN SINGKAT MENGENAI ROVIO ENTERTAINMENT.

Startup adalah organisasi perusahaan atau sementara dirancang untuk mencari model bisnis yang berulang dan scalable. Perusahaan-perusahaan ini, umumnya baru dibuat, berada dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk pasar. Istilah ini menjadi populer secara internasional selama gelembung dot-com ketika sejumlah besar perusahaan dot-com didirikan.

Perusahaan startup bisa datang dalam segala bentuk, tetapi ungkapan "perusahaan startup" sering dikaitkan dengan tinggi, perusahaan teknologi yang berorientasi pertumbuhan. Investor umumnya paling tertarik pada perusahaan-perusahaan baru dibedakan dengan risiko / imbalan profil dan skalabilitas. Artinya, mereka memiliki biaya bootstrap rendah, risiko tinggi, dan laba potensial yang lebih tinggi atas investasi. Startups sukses biasanya lebih terukur dari sebuah bisnis yang mapan, dalam arti bahwa mereka berpotensi dapat tumbuh dengan cepat dengan investasi terbatas modal, tenaga kerja atau lahan.

 

Salah satu perusahaan Startup yang paling fenomenal saat ini adalah ROVIO yang merupakan pengembang game paling popular di dunia “angry birds”.

SEJARAH SINGKAT ROVIO


Dahulu Rovio didirikan pada tahun 2003, namun saat itu namanya adalah Relude. Baru setelah 2 tahun berdiri, mereka mengubah namanya menjadi Rovio, seperti yang dikenal saat ini. Rovio dibangun oleh tiga mahasiswa yaitu, Kim Dikert, Niked Hed, dan Jarno Vakevainen.

Sebelum menjadi perusahaan besar, Rovio yang dibangun oleh tiga mahasiswa ini sudah mengikuti banyak kompetisi game, salah satunya yang disponsori oleh Nokia dan HP. Titik terang kesuksesannya muncul saat game mereka yang bernama 'King of The Cabbage World" menjadi juara kategori real time multiplyer game.

Keberhasilan game 'King of The Cabbage World' ini memicu mereka untuk mulai serius menggarap dan membangun perusahaan yang berfokus pada game mobile, yang saat itu diberi nama Relude.
Salah satu kebutuhan penting perusahaan adalah dana. Ini merupakan prasyarat dan kehidupan dari setiap bisnis untuk menjalankannya. Begitu juga hal yang dihadapi oleh Rovio saat itu, demi mendapatkan dana segara, trio itu menjual game 'King of The Cabbage World' kepada perusahaan Sumea (nama saat ini Digital Chocolate). Kemudian diubah menjadi Mole War yang kemudian ternyata menjadi permainan pertama multiplayer real-time mobile yang dikomersialkan.

Setelah mendaptkan dana tersebut, Pada awal 2005, perusahaan ini memodifikasi nama perusahaan menjadi Rovio Mobile.

SEJARAH ANGRY BIRDS


Pengembangan Angry Birds dimulai pada Maret 2009. Setelah penciptaan sukses dari tim pengembangan Rovio, mereka merilis game tersebut pada bulan Desember 2009 dan selanjutnya adalah sejarah. Angry Birds menjadi adalah aplikasi permainan di Finlandia nomor satu. Lalu game 'Burung Marah' ini melanjutkan ekspansinya ke Amerika Serikat (AS) dan Inggris diman Apple adalah kunci untuk membuat semuanya terjadi.

Rovio saat itu sedang mencari sebuah permainan sederhana yang bisa mereka bawa ke platform layar sentuh yang juga akan kompatibel dengan platform game lainnya. Mereka ingin mengikuti kebijaksanaan lama: "Game ini harus mudah dimainkan, tapi sulit untuk dikuasai" dan itu adalah apa yang mereka buat.

Menguasai itu bukanlah tugas yang mudah meskipun; mencetak 3 bintang di setiap tingkatan, menemukan semua telur emas, memukul struktur tepat . Angry Birds pun cepat berubah dari gane "sederhana dan mudah" menjadi game sangat menantang dan kadang-kadang bahkan membuat frustasi!.

BLUE OCEAN STRATEGY ROVIO

Blue ocean strategy adalah istilah dalam ilmu manajemen strategi yang merujuk pada siasat untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan menjangkau demand baru yang belum dipikirkan oleh para pesaing.

Esensi dari strategi blue ocean adalah mengidentifikasi dan mencari potensi pasar baru yang masih belum disadari oleh pemain lain. Dengan demikian suatu perusahaan bisa melenggang sendirian menguasai pasar itu; sebelum para pemain lain menyadarinya.

Inilah yang telah dilakukan oleh ROVIO ENTERTAINMENT  dengan menciptakan pasar yang sama sekali sedikit baru yaitu pasar game puzzle pelontar (angry birds).dengan komposisi warna yang sedemikian enak dipandang, konsep permainan yang amat sederhana yaitu hanya menggeser , mengarahakan, dan melontarkan sehingga semua umur dapat memainkannya .Konsep game “mudah memainkan tetapi sulit diselesaikan” juga merupakan tantangan tersendiri untuk para penikmat game ini sehingga obat penawar kecanduan game ini amat mustahil ditemukan.Semua ini merupakan inovasi yang dibuat untuk menambah keperkasaan sebagai pemimpin di pasar yang baru.Selain itu angry birds juga hadir dalam 11 flatform diantaranya IOS, PC, Android,Java, sampai yang terbaru adalah facebook.Dan jumlah ini akan terus bertambah seiring perubahan blue ocean market menjadi red ocean market.Sehingga dibutuhkan inovasi – inovasi lainnya untuk menciptakan pasar nihil pesaing lainnya.

 

Komentar