ANALISIS MENGENAI MASALAH PERUSAHAAN PENGEMBANG GAME
“ROVIO ENTERTAINMENT”
1. Pada tahun 2003 perusahaan Butuh dana untuk pengembangan game 2. Perusahaan harus meningkatkan laba dengan bagaimana caranya agar keluar dari persaingan sempurna pasar game.(Red Ocean) 3. Para pelanggan mulai bosan dengan konsep game butuh sesuatu yang baru 4. Perusahaan butuh pengambangan (ekspansi) kenegara potensial |
Dengan tambahan dana maka dimungkinkan proses pengembangan game akan berjalan lancar dan dana yang paling mungkin didapatkan ialah dari investor dan penjualan hak cipta game. Perusahaan mampu menciptakan produk game inovatif yang sekiranya tidak membosankan untuk dimainkan agar pelanggan enggan untuk pindah ke lain produk dan otomatis laba perusahaan dapat di dongkrak. Para pelanggan game diharapkan dapat dijaga konsistensi pembelian gamenya Dengan memasarkan game di pasar potensial game. Maka diharapkan game mampu di kenal oleh dunia. |
Menjalin kerjasama dengan angel investor untuk memperoleh dana.Serta menjual hak cipta game “King of the cabbage world” kepada Digital Chocolate. Tahun 2009 Game “angry birds” yang merupakan produk Blue ocean strategy tidak langsung rovio resmi dirilis. Perilisan game game baru “Pemutakhiran konsep game dan level baru Ekspansi pasar ke AMERIKA dan INGGRIS melalui proyek kerjasama dengan Iphone. |
Pada tahun 2005 Perusahaan berhasil mendapatkan pinjaman dana dari angel investor dan mengubah nama perusahaan (Startup)ini dari”RELUDE” menjadi “ROVIO Mobile” Game yang bukan merupakan produk unggulan ini mampu melampaui ekspektasi dan menjadi game mobile nomor satu Finlandia. Pelanggan tetap konsisten membeli dan memainkan game bahkan pengguna game semakin meningkat. Game ini menjadi game paling populer di dunia dengan 1 Milliar unduhan sampai bulan Mei.dan berhasil meraup laba $60 Juta dollar per Desember 2011. |
PEMBAHASAN SINGKAT MENGENAI ROVIO ENTERTAINMENT.
Salah satu perusahaan Startup yang paling fenomenal saat ini adalah ROVIO
yang merupakan pengembang game paling popular di dunia “angry birds”.
SEJARAH
SINGKAT ROVIO
Keberhasilan game 'King of The Cabbage World' ini memicu mereka untuk mulai serius menggarap dan membangun perusahaan yang berfokus pada game mobile, yang saat itu diberi nama Relude.
Salah satu kebutuhan penting perusahaan adalah dana. Ini merupakan prasyarat dan kehidupan dari setiap bisnis untuk menjalankannya. Begitu juga hal yang dihadapi oleh Rovio saat itu, demi mendapatkan dana segara, trio itu menjual game 'King of The Cabbage World' kepada perusahaan Sumea (nama saat ini Digital Chocolate). Kemudian diubah menjadi Mole War yang kemudian ternyata menjadi permainan pertama multiplayer real-time mobile yang dikomersialkan.
Setelah mendaptkan dana tersebut, Pada awal 2005, perusahaan ini memodifikasi nama perusahaan menjadi Rovio Mobile.
SEJARAH
ANGRY BIRDS
Menguasai itu bukanlah tugas yang mudah meskipun; mencetak 3 bintang di setiap tingkatan, menemukan semua telur emas, memukul struktur tepat . Angry Birds pun cepat berubah dari gane "sederhana dan mudah" menjadi game sangat menantang dan kadang-kadang bahkan membuat frustasi!.
Blue
ocean strategy adalah istilah dalam ilmu manajemen strategi yang merujuk pada
siasat untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat.
Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan menjangkau demand baru yang belum
dipikirkan oleh para pesaing.
Esensi
dari strategi blue ocean adalah mengidentifikasi dan mencari potensi pasar baru
yang masih belum disadari oleh pemain lain. Dengan demikian suatu perusahaan
bisa melenggang sendirian menguasai pasar itu; sebelum para pemain lain
menyadarinya.
Inilah
yang telah dilakukan oleh ROVIO ENTERTAINMENT
dengan menciptakan pasar yang sama sekali sedikit baru yaitu pasar game
puzzle pelontar (angry birds).dengan komposisi warna yang sedemikian enak
dipandang, konsep permainan yang amat sederhana yaitu hanya menggeser ,
mengarahakan, dan melontarkan sehingga semua umur dapat memainkannya .Konsep
game “mudah memainkan tetapi sulit diselesaikan” juga merupakan tantangan
tersendiri untuk para penikmat game ini sehingga obat penawar kecanduan game
ini amat mustahil ditemukan.Semua ini merupakan inovasi yang dibuat untuk
menambah keperkasaan sebagai pemimpin di pasar yang baru.Selain itu angry birds
juga hadir dalam 11 flatform diantaranya IOS, PC, Android,Java, sampai yang
terbaru adalah facebook.Dan jumlah ini akan terus bertambah seiring perubahan
blue ocean market menjadi red ocean market.Sehingga dibutuhkan inovasi –
inovasi lainnya untuk menciptakan pasar nihil pesaing lainnya.
Komentar
Posting Komentar