PROFIL LENGKAP FACEBOOK INC (NASDAQ:META)




Mark Zuckerberg mendirikan pendahulu Facebook, Facemash, pada 28 Oktober 2003, sebagai mahasiswa tingkat dua di Harvard. Menurut The Harvard Crimson, situs tersebut, mirip dengan Hot or Not, menggunakan foto yang diambil dari Facebook online dari sembilan asrama, menempatkan dua foto secara berdampingan, dan meminta pengguna untuk memilih foto yang paling mereka sukai. Untuk menyiasatinya, Zuckerberg meretas bagian yang dilindungi dari jaringan komputer Harvard dan menyalin foto berdasarkan ID pribadi asrama. Harvard pada saat itu tidak memiliki "Facebook" siswa (direktori dengan foto dan informasi dasar). Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto dalam empat jam pertama siarannya. Situs tersebut terus diteruskan ke beberapa server grup kampus, tetapi ditutup oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Semester berikutnya, Zuckerberg mulai mengkodekan situs web baru pada Januari 2004. Dia berkata bahwa dia terinspirasi oleh sebuah editorial di Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook", awalnya di situs web TheFacebook.com. 

Enam hari setelah situs diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja meyakinkan mereka bahwa dia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com sementara dia menggunakan Ide mereka untuk membuat produk pesaing. Ketiganya mengadu ke Harvard Crimson, yang memulai penyelidikan. Tiga senior mengajukan gugatan terhadap Zuckerberg, yang akhirnya diselesaikan.

Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Saat Facebook diluncurkan pada musim panas 2004, pengusaha Sean Parker, yang sering menjadi penasihat Zuckerberg, diangkat menjadi presiden. Pada Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan menerima investasi pertamanya bulan itu dari salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel. Perusahaan menghapus The dari namanya setelah membeli nama domain facebook.com pada tahun 2005 seharga $200.000.

Komentar