BANDWAGON EFFECT (PSIKOLOGI SELALU MENGIKUTI TREND)


 

BandWagon Effect adalah istilah dari ikut-ikutan. Semakin banyak orang yang memakai, beli, meniru,atau menyetujui maka semakin gampang untuk mengikuti juga.

Efek bandwagon terjadi karena kebiasaan kita membaur dengan kebiasaan,norma dan etika masyarakat sekitar sehingga ketika kita berbeda sendiri maka kita akan merasa risih.

Contohnya seperti ketika kamu melewati kompleks warung makan di pinggir jalan, maka kamu akan lebih tertarik masuk ke warung yang banyak pengunjungnya

Contoh lainnya ketika teman-teman kamu senang dengan budaya kpop, nonton drama korea, variety show,girlband dan boyband korea,senang dengan masakan korea, aksesoris dan dandanan mereka seperti orang korea maka kamu besar kemungkinan akan ikut pula dengan gaya mereka karena memang lagi trend saat ini.

Contoh lainnya fenomena anak-anak sekolah kita yang mulai berhijab di usia SLTP dan SLTA padahal di tahun-tahun 90an dan awal 2000 an hijab sangat jarang sekali dipakai oleh anak sekolah, kalaupun ada yang mengenakannya itu hanya beberapa orang saja.Hingga akhirnya artis seperti Saskia A Mecca dan artis-artis berhijab pada saat itu menginfluence para perempuan usia sekolah untuk memakai hijab dan kebijakan pemerintah sejalan dengan itu dengan mengubah rok pendek menjadi rok panjang sebagai seragam di sekolah.Mulai saat itu trend hijab mulai marak dimana-mana bukan hanya anak sekolah tetapi anak kuliahan juga mulai merubah penampilan mereka bahkan sampai istri-istri pejabat mulai berhijab. Sampai saat ini trend hijab ini masih berjalan dan merupakan salah satu bandwagon terbesar dalam sejarah negeri ini.

Komentar