PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
ROTI
BAKAR
BIDANG
KEGIATAN :
PKM
KEWIRAUSAHAAN (PKMK)
Diusulkan
oleh:
ZULFIKAR
HUSAIN
ARIFUDDIN
BUDIMAN
UNIVERSITAS
HASANUDDIN
MAKASSAR
HALAMAN
PENGESAHAN
USULAN
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
- Judul
Kegiatan
:
- Bidang
Kegiatan
: ( ) PKM-P ( )
PKM-M ( ) PKM-KC
(√ ) PKM-K ( )
PKM-T
1. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap
:
b. NIM
:
c. Jurusan
:
d.
Universitas
: Universitas Hasanuddin
e. Alamat Rumah dan No
Tel./HP
:
f. Alamat
email
:
g.
Anggota Pelaksana
Kegiatan/Penulis
: 3 Orang
- Asisten Pendamping
a. Nama Lengkap
:
b.
NIM
:
6. Biaya
Kegiatan Total
a.
Dikti
: Rp.
b. Sumber
lain
: -
7. Jangka Waktu
Pelaksanaan
: 6 bulan
Makssar,
31 Januari 2014
Menyetujui
Ketua Program Studi
Agroteknologi
Ketua Pelaksana Kegiatan
NIP.
NIM. 111510501100
Pembantu Rektor
Bidang
Asisten Pendamping
Kemahasiswaan Universitas Jember
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang
sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal
dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli
adalah ketika manusia membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada
rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke
bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan.
Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung
didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita
dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam
makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu, roti
banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa,
roti menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga
memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, roti mudah dijangkau semua
kalangan masyarakat.
Dari fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila
kami mendirikan usaha jualan roti bakar, dimana dari segi rasa memenuhi rasa
enak, dari segi gizi roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen
karena mengandung karbohidrat, protein dll. Dari segi harga roti bakar
terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
B. PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan
yang menjadi latar belakang proposal ini adalah :
- Minimnya jajanan sehat dan kaya
gizi yang belum mencukupi kebutuhan energi harian.
2. Roti kayabeta
karoten, thiamin (vit B1), riboflavin (vit B2), niasin, serta sejumlah mineral
berupa zat besi, iodium, kalsium dan sebagainya.
- Konsep penyajian produk yang
kreatif dan ramah lingkungan sehingga meningkatkan selera konsumen.
D.
VISI, MISI dan TUJUAN
Ø
Visi :
·
Memperoleh keuntungan sebesar –
besarnya
·
Menjadi salah satu usaha kuliner
tersukses di Makassar
Ø
MISI :
·
Terus berinovasi menciptakan menu –
menu unik dan menarik
·
Menciptakan ide – ide kreatif untuk
menarik minat pembeli
·
Memberikan pelayanan yang baik dan
ramah dalam upaya menarik pembeli.
·
Menjual produk dengan harga
terjangkau namun diiringi kualitas dan rasa yang mantap
Ø
TUJUAN :
·
Menciptakan blue ocaean market roti
bakar di Makassar terkhus sepanjang jl. Perintis kemerdekaan..
·
Menambah keragaman jajanan yang
sehat dengan harga terjangkau bagi masyarakat.
·
Meningkatkan keterampilan (softskill)
berwirausaha.
E.
LUARAN YANG DIHARAPKAN
Produk
yang dihasilkan adalah roti bakar.Roti bakar yang dibuat menyajikan variasi menu yang sehat, murah, dan kaya gizi. Roti bakar ini diharapkan nantinya dapat dijalankan oleh
mahasiswa dan memiliki keuntungan bisnis yang menjanjikan.
F.
KEGUNAAN
Kegiatan
ini memiliki kegunaan yang baik diantaranya :
1.
Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan berwirausaha mahasiswa.
2.
Kegiatan ini melatih kemampuan bekerja sama di dalam tim.
3.
Dapat meningkatkan sosialisasi dengan masyarakat luas
4.
Dapat meningkatkan manajemen waktu dan uang mahasiswa.
5.
Dapat meningkatkan konsumi masyarakat akan roti.
6.
Dapat mengenalkan sebuah produk jajanan Roti bakar.
G.
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Rencana
usaha ini awalnya memiliki tujuan yang baik untuk masa depan kami. Tujuannya
selain ingin mendapat keuntungan dan tambahan uang saku, usaha ini diharapkan
dapat meringankan beban orang tua kita sehingga tidak perlu membiayai uang saku.
1.
Product (Produk)
Produk roti bakar kami berbeda dari
roti-roti bakar yang lainnya. Kami mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam
menciptakan menu roti bakar. Kami tidak hanya menjual roti bakar biasa pada
umumnya, tetapi kami juga mempunyai menu spesial yakni roti bakar buah dan roti
bakar sosis daging. Tidak hanya menjual roti bakar, kami juga menjual aneka
minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, maupun es krim. Kami harap dengan
ide dan inovasi kami dalam menjual roti bakar, dapat menarik para pembeli
sehingga dapat meningkatkan omset penjualan kami.Roti bakar kami memiliki
beberapa variasi rasa,yaitu :
ü Coklat
ü Kacang
ü Starawberry
ü Keju
ü Nanas
ü Sirsak
BAB II
RENCANA USAHA
A. RENCANA USAHA
Adapun rencana usaha yang akan
dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1.
RENCANA JANGKA
PENDEK
Usaha bisnis roti bakar yang kami
rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi
kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan
kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan
masa depan dan biaya kuliah.
2.
RENCANA JANGKA
MENENGAH
Usaha yang kami rintis ini pastinya
akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi
seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal
untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu
kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan tentu usaha ini tidak akan bertahan lama. Tidak lupa pula
kami gencar melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut
ke mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.
3.
RENCANA JANGKA
PANJANG
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan,
kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa
pula kami membangun jaringan dengan pabrik roti maupun toko roti agar kami
dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami
kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.
B. ASPEK RENCANA USAHA
1)
RENCANA
PEMASARAN
a)
Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha roti bakar kelompok
kami yaitu:
·
Target Pasar
Usaha ini berlokasi
di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir jalan utama yaitu jalan perintis
kemerdekaan . Lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal
sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat.Selain itu juga di jalan ini terdapat beberapa
kampus tempat studi mahasiswa seperti UNHAS,STIMIK Dipanegara, STIMIK Akba yang
menjadi calon konsumen paling potensial. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar, mahasiswa dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
·
Pesaing
Pesaing
untuk kuliner roti bakar relative belum banyak bahkan bisa di kategorikan belum
ada untuk sepanjang jalan perintis sejauh pengamatan kami.
·
Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu
mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan
kalangan atas.sertaa kalangan mahasiswa. Dari semua kalangan tersebut
sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang
kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan
yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.
b)
Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
·
Dari mulut ke
mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana,
serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan
bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita,
sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan
disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk
membeli roti bakar di tempat kita.
·
Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga
dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui
facebook, twitter, blog,dll. Karna
sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kami.
·
Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi
pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami
ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah
dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah
lain,
dengan harapan usaha ini akan lebih
dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat
mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
·
Pengembangan
Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa
yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga
yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas,
dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima
pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.
·
Langkah-langkah promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang
kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
-
Untuk 10 pembeli
paling pertama pasca Pembukaan kedai, kami akan memberikan masing – masing 1
kaos special “Roti Bakar – KU”
-
Pada malam minggu kami akan memberikan potongan harga
kepada konsumen yang membeli roti dengan harga diatas Rp10.000, maka akan kami
berikan diskon sebesar 10%.
-
Apabila konsumen membeli roti bakar diatas 4 bungkus,
maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang
paling rendah yaitu Rp10.000,-
-
Selain itu, apabila konsumen membeli roti bakar diatas 8
bungkus, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga
yang paling rendah yaitu Rp10.000,- dan memberikan gratis satu bungkus roti
bakar.
c) Analisis
Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Desain produk
Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin
agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan roti bakar yang itu-itu saja.
2. Tempat usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang
ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha
kami, selain itu di alun-alun juga memungkinkan kami untuk membuka usaha roti
bakar ini.
3. Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari
usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka
kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantita dari
roti-roti yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak
jual dan makan.
4. Marketing atau promosi
5. Analisis aspek SDM
Untuk mendukung
kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM)
yang terkait didalamnya. Adapun Sumber
Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
1) Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan
berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan
distributor-distributor roti bakar lainnya, sehingga bahan-bahan dari roti
bakar ini mudah didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang
memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti pabrik roti maupun toko roti
yang menjual segala bahan yang kami butuhkan.
2) Tenaga Kerja
Dalam bisnis
jualan roti bakar ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill
yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang
mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena
ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
3) Masyarakat
Sekitar
Selain SDM dari distributor dan tenaga
kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini,
karna kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karna apabila kita tidak
mempunyai hubunga baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat
terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai
wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.
b.
Analisis aspek finansial
1.
Harga
Adapun produk
yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi
tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari rasa
tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai
berikut:
1 |
Nanas +
Strawbery |
Rp. 10.000 |
2 |
Nanas +
Nanas |
Rp. 10.000 |
3 |
Strawbery
+ Strawbery |
Rp. 10.000 |
4 |
Kacang +
Kacang |
Rp. 12.000 |
5 |
Kacang +
Strawbery |
Rp. 10.000 |
6 |
Kacang +
Nanas |
Rp. 10.000 |
7 |
Kacang +
Blueberry |
Rp. 10.000 |
8 |
Coklat +
Coklat |
Rp. 12.000 |
9 |
Coklat +
Strawbery |
Rp. 10.000 |
10 |
Coklat +
Nanas |
Rp. 10.000 |
11 |
Coklat +
Kacang |
Rp. 12.000 |
12 |
Blueberry
+ Strawbery |
Rp. 10.000 |
13 |
Blueberry
+ Nanas |
Rp. 10.000 |
14 |
Blueberry
+ Blueberry |
Rp. 10.000 |
15 |
Blueberry
+ Coklat |
Rp. 11.000 |
16 |
Srikaya +
Srikaya |
Rp. 12.000 |
17 |
Srikaya +
Strawbery |
Rp. 10.000 |
18 |
Srikaya +
Blueberry |
Rp. 10.000 |
19 |
Srikaya +
Nanas |
Rp. 10.000 |
20 |
Srikaya +
Kacang |
Rp. 12.000 |
21 |
Srikaya +
Coklat |
Rp. 12.000 |
22 |
Keju +
Coklat |
Rp. 12.000 |
23 |
Keju +
Kacang |
Rp. 10.000 |
24 |
Keju +
Strawbery |
Rp. 10.000 |
25 |
Keju +
Nanas |
Rp. 10.000 |
26 |
Keju +
Blueberry |
Rp. 10.000 |
27 |
Keju +
Srikaya |
Rp. 12.000 |
28 |
Keju +
Keju |
Rp. 12.000 |
29 |
Komplit |
Rp. 15.000 |
I.
JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan
PKM ini direncanakan berlangsung 4 bulan. Rencana program ini tertera pada
tabel dibawah ini :
Tabel
4. Rencana Jadwal Pelaksanaan Program
No |
Kegiatan |
Bulan I |
Bulan II |
Bulan III |
Bulan IV |
||||||||||||
1. |
Pembelian alat |
||||||||||||||||
2. |
Pembelian bahan |
||||||||||||||||
3. |
Riset pasar |
||||||||||||||||
4. |
Pembuatan kemasan |
||||||||||||||||
5. |
Pembuatan gerobak |
dan
banner 6.Produksi,pemasaran,
evaluasi, dan
konsultaasi 7.Promosi 8.Pembuatan
pamphlet 9.Pembuatan
laporan 10.Penyerahan
laporan
J.
NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
A.
Ketua dan Anggota Kelompok
1.
Biodata Ketua Serta Anggota Kelompok
a)
Nama Lengkap
:
b)
NIM
:
c)
Tempat, tanggal lahir :
d) Fakultas/Program Studi
:
e)
Perguruan Tinggi :
Universitas Hasanuddin
f)
No. Telp
:
g)
Email
:
h)
Waktu kegiatan PKM : 6 jam/minggu
Anggota
Pelaksana,
2.
Anggota Pelaksana
a)
Nama Lengkap
:
b)
NIM
:
c)
Tempat, tanggal lahir :
d)
Fakultas/Program Studi
:
e)
Perguruan Tinggi :
Universitas Hasanuddin
f)
No. Telp
:
g)
Email
:
h)
Waktu kegiatan PKM : 6 jam/minggu
Anggota
Pelaksana,
Fajri
Wildana
111510501109
3.
Anggota Pelaksana
a)
Nama Lengkap
:
b)
NIM
:
c)
Tempat, tanggal lahir :
d)
Fakultas/Program Studi
:
e)
Perguruan Tinggi :
Universitas Hasanuddin
f)
No. Telp
:
g)
Email
:
h)
Waktu kegiatan PKM : 6 jam/minggu
Anggota
Pelaksana,
4.
Anggota Pelaksana
a)
Nama Lengkap
:
b)
NIM
:
c)
Tempat, tanggal lahir :
d)
Fakultas/Program Studi
:
e)
Perguruan Tinggi :
Universitas Hasanuddin
f)
No. Telp
:
g)
Email
:
h)
Waktu kegiatan PKM : 6 jam/minggu
Anggota Pelaksana,
K.
NAMA DAN BIODATA ASISTEN PEMBIMBING
a)
Nama Lengkap
:
b)
NIP
:
d)
Fakultas/Program Studi :
e)
Perguruan Tinggi
: Universitas Hasanuddin
i)
Waktu kegiatan PKM : 6
jam/minggu
Makassar,
31 Januari 2014
Asisten Pembimbing,
Total
biaya
Biaya tetap |
Rp. 5,277,500.00 |
|
Biaya variabel (per bulan) |
Rp. 7,440,500.00 |
|
Biaya Penyusutan |
Rp. 81,091.73 |
|
Total |
Rp.12,799,091.73 |
TC = PC +VC + biaya penyusutan
= 5,277,500 + 7,440,500 +81,091.73
= Rp. 12,799,091.73
Penentuan
harga pokok = TC/Q
= Rp. 12,799,091.73/3000 = Rp. 4,266.36
=Rp.5,000.00
phi = TR-TC
= (3000 x Rp 5,000) – Rp. 12,799,091.73
= Rp. 15,000,000.00 – Rp. 12,799,091.73
= Rp. 2,200,908.27
BEP = Biaya tetap
1-
Biaya variabel
hasil
penjualan
= Rp. 12,799,091.73
1-
Rp. 7,440,500
Rp.
15,000,000
= Rp. 12,799,091.73 / 0.504 = Rp. 25,395,021.8
Presentasi
BEP =
Biaya
tetap
x 100%
Hasil penjualan – biaya variabel
=
Rp.
12,799,091.73
x 100%
Rp. 15,000,000 – Rp. 7,440,500
= 169,3%
Kapasitas
BEP = Presentasi BEP x jumlah produksi
untuk 1 bulan
= 169,3% x 3000 = 507,900
Tk
Pengembalian modal = keuntungan bersih + penyusutan
x 100%
Investasi awal
= Rp. 2,200,908 – Rp. 81,091 x 100%
Rp.12,799,091.73
= 16,56%
Waktu
pengembalian modal =
1
Tk. Pengembalian modal
= 1/
16,56 = 0,0603 = 6 bulan 3 hari
Komentar
Posting Komentar